Kamis, 17 November 2016

BEBERAPA JENIS KELINCI HIAS...

      Berdasarkan catatan sejarah, nama kelinci berasal dari kata konijntje (dalam bahasa Belanda yang artinya anak kelinci).


1. Kelinci Anggora
jenis kelinci hias anggora
kelinci anggora
Mungkin beberapa dari anda tidak asing dengan kucing anggora. Bagi anda yang belum tahu apa itu kucing anggora, tim satwapedia pernah mempublikasikan profil lengkap kucing anggora untuk referensi anda. Tidak berbeda dengan kucing anggora, kelinci anggora mendapatkan namanya dari negara asal kelinci tersebut. Kelinci ini berasal dari Ankara, Turki. Kelinci anggora mulai dikenal oleh publik luar Turki setelah pada tahun 1723, kelinci ini dikenalkan di Perancis oleh para pelaut Inggris.
Saat ini jenis kelinci anggora termasuk kelinci hias yang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Harga 1 ekor kelinci anggora berkisar antara 100 ribu hingga 25o ribu untuk anakan berumur 1 hingga 3 bulan. Harga kelinci anggora dewasa berkisar antara 250k- 3 juta.
2. Kelinci Dutch (Belanda)
jenis kelinci hias belanda

Jenis kelinci belanda
Kelinci Belanda atau yang sering juga disebut dengan kelinci dutch memiliki keunikan pada bulunya. Kelinci yang berasal dari Belanda ini dikenal dengan keanekaragaman warna bulu, meskipun bulunya cukup pendek. Warna-warna bulu jenis kelinci ini diantaranya hitam-putih, abu-abu ataupun perpaduan antara warna-warna tesebut. Kelinci Belanda termasuk yang paling diminati di Indonesia jika dibandingkan dengan beberapa jenis jenis kelinci lainnya. Harga seekor kelinci belanda berada dikisaran 50k hingga 200k untuk anakan umur 1 hingga 3 bulan. Kelinci belanda dewasa biasanya dihargai 200k hingga 2 juta. Bila anda ingin beternak kelinci, mungkin jenis kelinci hias ini sangat menguntungkan untuk dijadikan hewan ternak karena sekali melahirkan bisa mencapai 8 ekor.
3. Kelinci Himalaya
jenis kelinci himalaya
jenis kelinci himalaya
Mungkin anda bertanya kok nama kelincinya hampir-hampir sama dengan nama-nama kucing ya. Bagi yang belum tahu kalau kucing itu banyak macamnya, silahkan merujuk ke artikel jenis-jenis kucing peliharaan. Disana telah kami bahas secara lengkap salah satunya mengenai kucing himalaya. Kelinci himalaya ini memiliki beberapa kemiripan dengan kucing tersebut terutama pada bagian warna hidung, telinga dan kaki. Keunikan kelinci himalaya jika dibandingkan dengan jenis jenis kelinci lainnya terletak pada bagian bulu dan matanya yang berwarna merah. Dia juga sangat aktif, terutama pada malam hari. Harga kelinci himalaya berkisar antara 50k hingga 150k untuk anakan dan 150k hingga 700k untuk dewasa.
4. Kelinci English Spot
gambar kelinci English Spot
Gambar kelinci English Spot
Jenis kelinci hias yang berasal dari Inggris ini memiliki ciri khas pada warna bulunya, yaitu putih dengan beberapa dot hitam. Kelinci ini merupakan hasil mutasi genetika dari beberapa jenis kelinci diantaranya anggora, himalaya, dutch dan english lop. Kelinci yang sering disebut dengan English Rabbit ini dihargai antara 250k hingga 3 juta untuk ukuran dewasa dan 50k hingga 250k untuk anakan.
5. Kelinci Netherland Dwarf
gambar kelinci Netherland Dwarf
Gambar kelinci Netherland Dwarf
Orang yang berjasa dalam pengembangan jenis kelinci hias ini adalah C. W. Calcar dan J. Meijerig. Kelinci mini ini sangat mirip dengan boneka mainan yang lucu dan menggemaskan. Ukuran tubuhnya yang kecil ditambah mukanya yang bulat membuat leher kelinci ini tidak kelihatan. Berat kelinci inipun tidak sampai 1 kg. Netherland Dwarf termasuk dalam jenis jenis kelinci yang diminati oelh masyarakat karena bentuknya yang lucu dan harganya lumayan terjangkau. Harga kelinci Netherland Dwarf berkisar antara 200k hingga 1 juta untuk ukuran dewasa lebih dari 3 bulan.
6. Kelinci Flemish Giant
jenis kelinci Flemish Giant
Jenis kelinci Flemish Giant
Kelinci Flemish Giant merupakan kelinci terbesar jika dibandingkan dengan kelima kelinci diatas. Pada umumnya bobot kelinci ini mencapai 13kg dan rekor yang masuk ke Guinness World of Records mencatat kelinci ini dengan berat 22,23kg. Di Eropa maupun Amerika Flemish Giant termasuk jenis kelinci pedaging dan banyak dibudidaya oleh para peternak. Harga kelinci pedaging ini bisa mencapai 300k hingga 3 juta untuk kelinci umur lebih dari 3 bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar